Jumat, 06 Juni 2014

Resep SEO Untuk Toko Online

Print Friendly
google

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu metode pemasaran online yang masih menjadi perhatian hingga sekarang. Pada dasarnya SEO membuat mesin pencari seperti Google lebih mudah untuk mengindeks website kita. Pada artikel ini kita akan membahas teknik dasar dari SEO dan mengaplikasikannya kedalam toko online Anda.
Namun sebelum kita mulai Ada baiknya Anda tahu bahwa Google memiliki 200 variabel yang biasa disebut sebagai: search signals untuk menentukan posisi website Anda di halaman hasil pencarian mereka. ke-200 signal  ini memberikan semacam “bobot” atau penilaian kepada website Anda dan berdasarkan penilaian tersebut, Google mengambil keputusan apakah website dimana posisi website Anda terhadap kompetitor Anda terhadap suatu kata kunci. Sementara yang saya jabarkan disini hanya sebagian kecil search signals yang akan dibaca oleh Google. Intinya adalah: mengaplikasikan teknik dasar SEO berikut ini

TIDAK MENJAMIN website Anda akan muncul di halaman pertama (atau kedua) Google. Namun tetap akan membantu Anda menjaring target pasar yang sesuai.
SEO pada dasarnya terbagi menjadi 2 bagian besar: on-page SEO dan off-page SEO. Perbedaannya adalah:
On-page SEO: Adalah teknik SEO yang mengoptimalkan halaman website kita sendiri sehingga membuatnya menjadi mudah untuk diindeks oleh Google atau sering disebut halaman web yang Google Friendly. Teknik ini banyak membahas bagaimana mengaplikasikan kata kunci yang tepat kedalam website Anda. Walaupun konon kabarnya On-page SEO memiliki bobot tidak sebesar Off-page SEO namun tidak ada salahnya Anda menguasai terlebih dahulu teknik dasar ini.
Off-page SEO: Adalah sebuah teknik untuk membuat website lain membantu kita dalam mendapatkan bobot nilai halaman web yang lebih baik di Google. Google menilai penting atau tidaknya sebuah halaman web dari banyaknya link yang mengarah kembali ke halaman tersebut. Semakin banyak dan semakin berbobot website yang mengarah balik ke Anda, semakin baguns peringkat Anda di Google. Google menyebut metode penilaian seperti ini dengan: Page Rank (dari nama salah satu pendirinya: Larry Page.)
Artikel ini hanya akan membahas teknik dasar On-page SEO.
Untuk toko online seperti YukBisnis, pada dasarnya ada 2 jenis halaman yang harus Anda perhatikan: halaman toko online dan halaman produk. Ini detail dari keduanya:
Halaman Toko Online: Agar bisa menerapkan apa yang Anda baca disini, Anda dapat login, klik “Bisnisku,” lalu klik “Pengaturan” dari menu disebelah kiri. Anda akan melihat halaman seperti ini: SEO-halaman-bisnis
Halaman Produk: Tidak jauh berbeda dengan Halaman Toko Online, Anda dapat menuju kehalaman untuk menambah produk dengan meng-klik “Bisnisku,” lalu klik “Katalog” pada menu disebelah kiri. Klik “Tambah Produk” pada menu dibagian atas di halaman katalog. Anda akan menjumpai tampilan yang tidak jauh berbeda.   Tugas Anda selanjutnya adalah sederhana. Anda tinggal mengoptimalkan kata kunci pada beberapa kolom yang sudah tersedia di kedua halaman tersebut diatas. Anda sudah siap? Mari kita mulai.

1. Menentukan Kata Kunci Yang Sesuai Untuk Bisnis Anda

Setiap bisnis memiliki nilai jual masing-masing. Tugas Anda adalah menemukan nilai jual yang unik dari bisnis Anda dan menentukan kata kunci yang cocok untuk Anda berdasarkan nilai jual yang unik tersebut. SEO adalah program jangka panjang, Anda mungkin harus bereksperimen dengan berbagai variasi kata kunci hingga Anda menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk toko online Anda. Jangan harapkan hasil satu malam untuk suatu kata kunci.
Setelah Anda menemukan kata kunci yang sesuai, cek apakah kata kunci tersebut sering digunakan oleh target pasar Anda. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi kata kunci gratis yang banyak tersedia di internet. Kata kunci ini akan Anda gunakan untuk bagian meta title dan meta description yang akan kita bahas setelah ini.

2. Nama Bisnis, Nama Produk Dan Meta Title

Judul adalah hal pertama dan salah satu elemen terpenting yang akan diindeks oleh Google. Ada 2 jenis judul yang akan ada disemua halaman toko online Anda:
  1. Judul Utama adalah judul yang dapat Anda lihat dengan mudah dihalaman bisnis/ produk. Judul utama akan berdampak ke URL atau halaman website Anda. Untuk halaman toko online Anda, judul utama adalah apa yang Anda tulis di kolom “Nama Bisnis” pada menu pengaturan sesuai gambar diatas. Untuk halaman produk, judul utama adalah apa yang Anda isi pada kolom “Nama Produk.”
  2. Meta Title adalah apa yang dilihat oleh Google. Cara paling mudah melihat Meta Title Anda adalah melalui bagian atas browser Anda. Perhatikan gambar dibawah ini:

Meta-title

3. Deskripsi Dan Meta Description

Sama seperti layaknya judul, deskripsi adalah penjelasan bisnis atau produk Anda, sedangkan Meta Description Adalah deskripsi yang bertujuan agar Google mudah meng-indeks deskripsi produk atau bisnis Anda. Anda akan menemukan kolom untuk Meta Title dan Meta Description pada bagian bawah halaman bisnis dan halaman produk Anda. Kolomnya akan terlihat seperti ini:

4. Optimasi Toko Online

Setelah Anda paham ketiga elemen dasar tersebut, berikut ini adalah beberapa point optimasi yang dapat Anda lakukan:
  • Selalu tuliskan kata kunci pada bagian awal kalimat.
  • Tuliskan kata kunci pada bagian Meta Title paling tidak SATU KALI pada bagian awal. Sebagai contoh: jika kata kunci Anda: “Aksesoris iPad” maka format penulisan Meta Title yang baik adalah: “Aksesoris iPad | [Nama Toko atau merek]. Jadi jika nama toko Anda: “Juragan Aksesoris,” Maka rekomendasi Meta Title untuk toko online Anda adalah: “Aksesoris iPad | Juragan Aksesoris.”
  • Tuliskan kata kunci secara menonjol pada awal deskripsi produk atau toko online.
  • Anda dapat menuliskan kata kunci hingga 2-3 kali jika deskripsi produk Anda cukup panjang.
  • Jika memungkinkan, tuliskan kata kunci paling tidak SATU KALI pada URL.
  • Tuliskan kata kunci SATU KALI pada bagian awal Meta Description. Walaupun konon kabarnya hal ini tidak mempengaruhi peringkat Anda di Google, namun memiliki Meta Description Yang baik, akan lebih menarik orang lain untuk meng-klik toko Anda. Hal ini juga akan membantu jika Anda menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk Anda.
  • Tuliskan kata kunci Anda didalam nama file foto yang akan Anda upload ke toko online  Anda. Contoh nama yang tidak baik: 112gjah.jpg. Editlah namanya sehingga menjadi mudah dibaca seperti: aksesoris-ipad-cover.jpg.
  • Setelah beberapa waktu, lihatlah hasilnya. Apakah Anda membidik target pasar yang tepat? Jika Anda merasa belum, ulangi lagi eksperimen Anda.

5. Beberapa Hal Yang Harus Anda Hindari

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari dalam mengoptimalkan toko online Anda:
  • Menulis deskripsi untuk Google. Ini adalah kejadian yang umum sekali terjadi. Seringkali kita temukan deskripsi produk yang sulit sekali kita mengerti apa maksudnya. Hal ini karena sang pemilik toko ingin agar toko online-nya mudah diindeks oleh Google sehingga tidak memperdulikan struktur kosa kata bahasa Indonesia yang benar. Tulislah untuk manusia, untuk pembeli Anda. Setelah Anda membuat deskripsi yang menjual, Anda baru dapat mengoptimasi deskripsi Anda agar tetap memiliki komposisi kata kunci yang seimbang.
  • Memenuhi toko online Anda dengan kata kunci. Tingkat kepadatan kata kunci tidak berpengaruh besar terhadap hasil pencarian. Sebaliknya, memenuhi toko online Anda dengan kata kunci akan membuka peluang toko online Anda tersingkir dari Google.
  • Tidak sabar. Seperti yang saya tulis diatas, jangan mengharapkan hasil optimasi Anda akan muncul dalam satu malam.
  • Hanya mengandalkan SEO. Ini juga sangat umum terjadi. SEO adalah BAGIAN DARI PEMASARAN ONLINE. Banyak teknik pemasaran lain yang tetap harus Anda jalankan meskipun website Anda muncul di peringkat pertama hasil pencarian di Google agar bisnis Anda bisa melesat.
  • Tidak fokus. Anda tidak akan bisa muncul di Google dalam semua kategori, kata kunci yang Anda pilih harus fokus ke target pasar yang menurut Anda akan langsung tertarik dengan produk Anda.
  • Mengutamakan Merek. Merek atau brand memang penting dalam bisnis. Namun jika merek Anda belum banyak dicari oleh orang lain, jangan letakkan merek atau nama toko Anda sebelum kata kunci yang Anda tuju. Banyak tempat untuk memperlihatkan merek Anda seperti di profile picture.

Inilah resep dasar SEO untuk toko online Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, kami menyediakan forum khusus SEO untuk toko online yang bisa Anda akses dialamat ini:
http://yukbisnis.com/forum/isi/4/17/473/1/resep-seo-untuk-toko-online.html
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih