Selasa, 13 Desember 2016

LELAKI PEJUANG @Saptuari

Saya menahan airmata ketika kemarin bertamu ke rumah Dewa Eka Prayoga di Bandung Timur, dia mencium tangan saya sebelum saya memeluknya. Badannya tampak kurus, dua bulan di rumah sakit menggerogoti badannya yang kekar, dari 84 kilo turun hingga 55 kilo ketika asupan makanan hanya bisa lewat selang yang dimasukkan lewat hidungnya masuk ke lambungnya. Ketika di seminar kemarin dia begitu lincah, berlari dan bicara lantang sambil menuliskan ilmu marketingnya dengan spidol besar di panggung. Sekarang badannya terkulai dalam masa pemulihan usai GBS menyerang tubuhnya, sistem kekebalan tubuh yang menyerang syarafnya hingga berhari-hari terkulai antara hidup dan mati di ICU, penyakit langka yang hanya menyerang 1 dari 40.000 orang setiap tahunnya. Dan kali ini pasti ALLAH punya skenario indah kenapa Dewa yang terpilih mengalaminya.

Senin, 28 November 2016

5 Prinsip Penting agar MAKIN MUDAH CLOSING

Sebelum menerapkan teknik closing Anda harus tahu dulu prinsip-prinsip closing itu sendiri.
Nah kali ini Saya akan kembali Share materi yang ada dalam bukukomikjagojualan.com tentang 5 Prinsip Penting Agar Mudah Closing, berikut ulasannya:
1. TIDAK, Tidak Berarti TIDAK!
Ketika calon pembeli berkata "TIDAK", "NGGAK" atau sejenisnya, Anda harus curiga dan berpikir bahwa selalu ada alasan dibalik kata "Tidak" tersebut. Cobalah tebak dan pikirkan apa yang sedang dipikirkan calon pembeli. Misalnya...
- Tidak hari ini
- Tidak dengan harga segitu
- Tidak kalau warna yang ituu
- Tidak kalau warna yang itu
- Tidak sekarang, dan lain-lainduk yang begitu
 Tidak sekarang, dan lain-lain
Tugas Anda, terus gali apa yang diinginkan calon pembeli. Gali
dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas.

Sabtu, 05 November 2016

Kisah Karyawan Bank Syariah Resign dari Tempat Kerjanya


Memilih Keluar dari Bank Syariah

Berikut kisah seorang karyawan yang memutuskan keluar dari tempat kerjanya karena tidak tahan lagi dengan berbagai penyimpangan syariah yang dilakukan bank syariah tempat kerjanya.
Tekadku sudah bulat: keluar dari bank syariah tempatku bekerja, dan kini aku di ruangan atasanku untuk menyerahkan surat pengunduranku. Aku tidak peduli lagi ketika atasanku mencoba mempengaruhiku agar aku kembali berpikir ulang. Alhamdulillah. Permohonan pengunduranku, yang kuajukan tiga bulan sebelumnya, akhirnya disetujui. Per November 2008 aku secara resmi resign dari tempat kerjaku.
Bekerja di bank merupakan keinginan banyak anak muda. Termasuk aku. Aku memilih bekerja di bank syariah, antara lain karena berharap mendapatkan harta barokah, halal, dan juga bisa berdakwah, mengedukasi umat mengenai pentingnya mencari harta yang halal dan betapa bahaya dan besarnya dosa riba. Tapi aku memilih pindah karena yang kuimpikan tidak sesuai dengan kenyataan.

Kamis, 27 Oktober 2016

Nempel Iklan di Masjid ?

Bagaimana Hukum menempel Iklan di Masjid



Apa hukum iklan umrah di masjid? Saya lihat banyak travel haji & umrah nempel iklan di masjid.


Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah di bawah bimbingan Dr. Abdullah al-Faqih dijelaskan rincian hukum mengenai pengumuman di masjid,

فتعليق الإعلانات في المساجد على أقسام:

الأول: أن يكون الإعلان من باب الدلالة على الخير كالإعلان عن فتح روضة إسلامية للأطفال فلا ينبغي أن يشك في جوازه، لأن كونه دلالة على الخير يدخل فيما بنيت له المساجد.

Omah Herbal Jogja 2


Sobat Pebisnis jogja
Ada info baru nih...tentang Toko herbal di Jogja
Omah herbal mumtaaz buka cabang lagi nih..
secara resmi Buka  Hari senin 24 Oktober 2016 / 23 Muharram 1438 H
sebelumnya di  Glagah Tamanan Banguntapan Bantul
 http://sekilas-infoo.blogspot.co.id/2015/03/omah-herbal-mumtaaz-yogyakarta.html

Usaha Yang Halal

artikel usaha yang halal
oleh : Prof.Dr.Abdullah al-Mushlih & Prof.Dr.Shalah ash-Shawi




Allah menghalalkan yang baik-baik kepada para hambaNya dan mengharamkan kepada mereka yang jelek-jelek. Seorang usahawan muslim tentu saja tidak bisa keluar dari bingkai aturan ini, meskipun terbukti ada keuntungan dan hal yang menarik serta menggiurkan baginya. Seorang usahawan muslim tidak seharusnya tergelincir hanya karena mengejar keuntungan sehingga membuatnya berlari dari yang dihalalkan oleh Allah dan mengejar yang diharamkan oleh Allah. Padahal segala yang dihalalkan dapat menjadi kompensasi yang baik dan penuh berkah. Segala yang disyariatkan oleh Allah dapat menggantikan apapun yang diharamkan oleh Allah.

Berdagang komoditi yang diharamkan seperti minuman keras, bangkai, daging babi, perdagangan riba dan sejenisnya, tidak akan membuat pengusaha muslim yang jujur berpaling dari Rabbnya apalagi harus menjebloskan diri ke dalam semua perniagaan ha-ram tersebut atau menjadikannya sebagai sumber usahanya.

Tidak diragukan lagi bahwa hal ini merupakan keistime-waan seorang usahawan muslim yang seluruh aktivitasnya bertolak dari kaidah halal dan haram, yang seluruh usahanya dilakukan dengan mendendangkan syiar mencari keridhaan Allah sebagai tujuan akhir. Sebaliknya, kalangan pelaku usaha lainnya tidak memperdulikan kebaikkan maupun keburukkan usaha yang dijalaninya. Dalam pandangan mereka sama saja proyek perjudian dengan proyek pembangunan. Karena mereka telah mencampakkan tata nilai, agama dan etika secara total dari paradigma pemikiran ekonomi mereka.

Padahal ikatan ini bisa membentuk tatanan yang bersih dalam aktivitas usaha ketika itu dilakukan oleh tangan-tangan yang terbimbing cahaya Ilahi, diprakarsai oleh orang-orang ber-iman yang selalu mengharapkan rahmat Allah dan takut terhadap siksaNya. Sehingga mereka tidak akan terjerumus karena menge-jar kenikmatan instan atau jatah dunia yang bersifat sementara. Mereka mencukupkan diri dengan jatah yang ditentukan oleh Allah dan Rasulnya, karena yang halal itu sudah terlalu luas buat diri mereka.

Oleh sebab itu, di tangan pengusaha muslim harta tidak akan berubah menjadi alat perusak kehidupan masyarakat, yang menghancurkan rumah yang sejahtera, dan merusakan generasi yang dilahirkan. Tidak, tetapi harta itu akan berfungsi sebagai-mana yang dikehendaki oleh Allah, Rabb dari sekalian makhluk. Menjadi sebuah energi yang memancar, tumbuh dan berkembang. Sebuah kekuatan yang mengandung berbagai kebajikan dan karunia. Menjaga mata air yang selalu memancarkan berkah dan kenik-matan. Sehingga seluruh umat merasa bahagia. Karena keuntungan usaha tersebut dapat dirasakan oleh seluruh umat.

Allah berfirman:

“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharam-kan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolong-nya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang ber-untung.” (Al-A”raf: 157).

Allah juga berfirman:

“Katakanlah, “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keber-untungan.” (Al-Maidah: 100).

Ungkapan “yang buruk” bisa berlaku bagi ucapan, ketetapan dan perbuatan, atau sikap penolakan yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya.

Sumber : Alsofwah.or.id
Read more http://pengusahamuslim.com/111-usaha-yang-halal.html

Sabtu, 15 Oktober 2016

4 Tipe Konsumen di Bisnis Online? Kenali Dulu Sebelum Memulai

Melayani berbagai macam permintaan konsumen sudah menjadi makanan sehari-hari bagi setiap pelaku bisnis online. Ada tipe konsumen yang ramah dan langsung order, ada yang banyak tanya nggak transfer-transfer, dan ada pula yang hanya iseng-iseng searching untuk mendapatkan informasi perbandingan harga di dunia maya. Tentu sebagai pelaku bisnis online kamu pernah menemui tipe konsumen semacam itu. Karenanya, agar tak salah langkah dalam memberikan pelayanan, kamu perlu mengenal 4 tipe konsumen di bisnis online untuk bisa memenangkan persaingan pasar.

Rabu, 28 September 2016

Hindari yang berikut ini Jika Tidak Mau Rugi Ketika Berbisnis


Anda mau buka usaha? Perjuangan jadi seseorang entrepreneur sungguh tak gampang serta cukup dalam waktu relatif cepat.
Terdapat beberapa resiko yang perlu dihadapi oleh tiap-tiap orang yang memutuskan untuk membuka usaha. Namun di segi lain, keberhasilan yang dicapai bakal sangatlah berguna untuk kehidupan Anda.
Mungkin saja Anda mempunyai banyak ide bisnis yang brilian, perencanaan yang mantap, dan tim yang solid namun bila pengelolaan usaha Anda tak dikerjakan dengan baik, jadi hal-hal tadi dapat jadi percuma.
Terdapat beberapa panduan yang menguraikan bagaimanakah Anda dapat mengatur keuangan seorang pengusaha. Dan tahukah Anda bahwa telah banyak pengusaha yang salah mengelola keuangan mereka sampai menyebabkan kerugian yang besar?
Anda tengah berjuang jadi seseorang Entrepreneur? Inilah pengelolaan keuangan yang harus dihindari jika tidak mau rugi ketika berbisnis:

Kamis, 08 September 2016

Cara Jitu mengembangkan Peluang Usaha Desain Grafis


Selalu ada peluang yang datang setiap hari termasuk Peluang usaha. Pertumbuhan populasi di Indonesia yang mencapai angka 240 juta manusia merupakan pasar besar. Peluang usaha Desain Grafis pun menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjadi primadona. Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Berikut Adalah daftar 7 cara aplikatif untuk mengembangkan peluang usaha yang sedang Anda tekuni saat ini

Minggu, 07 Agustus 2016

Home Spa khusus Wanita oleh Mbak Yuni

NUNO Home Spa Yogyakarta - Khusus Wanita adalah layanan treatment spa langsung ke rumah customer dengan terapis wanita. Terapis spa bersertifikat menjamin kenyamanan anda, karena bebas macet, tanpa cemas kehujanan atau bahkan malas pulang terlalu malam.

 Banyak orag menikmati treatment setelah jam 17.00 WIB atau sepulang kantor. Fakta ini bisa menjadi solusi Anda yang ingin treatment setelah seharian beraktivitas seperti bekarja, berwirausaha, kuliah, dll


Nuno Home Spa ini dikelola langsung oleh mbak Yuni, yang sekarang juga aktif Sebagai Penyiar (Broadcaster / Anouncer) di Radio WIDORO - UPT Malioboro Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Kamis, 30 Juni 2016

Profil Pak Budi Isman

Pak Budi Isman dilahirkan di sebuah kota kecil Sungai Penuh, Kerinci, Propinsi Jambi, 23 Maret 1962 yang lalu. Walaupun banyak orang mengatakan beliau  seorang Profesional dan Ekonom, Beliau  mungkin lebih suka di sebut orang sebagai seorang Angel Investor, Pengusaha dan Pelatih Eksekutif (Executive Coach).

Saat ini Pak Budi fokus menjalankan usaha nya  sebagai CEO/Presiden Direktur PT. Mikro Investindo Utama yang berfokus untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Pernah menjabat di berbagai posisi di perusahaan nasional maupun asing dan sebelum resmi pensiun muda pak Budi  terakhir menjabat sebagai CEO/President Director dari PT. Sari Husada, produsen susu anak-anak SGM. Sekarang Sari Husada adalah bagian dari perusahaan Danone dari Perancis.

Kiat Orang Biasa Jadi Entrepreneur Sukses

Semua orang dapat menjadi entrepreneur. Tanpa kecuali. Untuk menjadi entrepreneur sukses dapat menggunakan pedoman SMART IN ENTREPRENEUR. S singkatan Sikap metal positif sebagai landasan untuk menjadi entrepreneur. M adalah Menciptakan mimpi dan berusaha mengejarnya. A adalah Ambil langkah sekarang juga, meskipun tidak punya uang. R kepanjangan Rahasia melambungkan bisnis dan T simbol Terimalah kegagalan yang merupakan bagian dari pelajaran untuk meraih kesuksesan. IN adalah Insya Allah, hanya Allah-lah yang mengizinkan kita sukses menjadi entrepreneur.

KeTIKA Para BANKIR PENSIUN dini

Bulan Agustus 2015 lalu saya diundang untuk mengisi seminar di sebuah bank swasta ternama di Indonesia. Sejak berhijrah meninggalkan riba, saya harus mulai memilih acara apa yang pantas saya isi. Gak semua disikat dan diembat hehe.. beberapa kali saya menolak mengisi seminar di bank karena temanya yang gak sreg di hati, seperti memberi motivasi untuk bagian kredit dan pelayanan agar mencapai target yang ditentukan! wataaaww… hehe, masak saya yang sering ngajak orang meninggalkan riba, sekarang justru memberi motivasi kepada mereka yang menawarkan riba.. nabrak dong! hehe..

Kamis, 16 Juni 2016

Dagang itu bicara tentang mental..

DAGANG ITU BUKAN PERKARA LAKU SEDIKIT ATAU BANYAK. TAPI......
Dagang itu bicara tentang mental..
Mental bahwa dagang:
tak mesti selalu laku, 
tak selalu mulus.
kadang sepi pembeli.
kadang untung sedikit.
Seringkali juga rugi banyak.

Minggu, 05 Juni 2016

MENGGUNTING MASA LALU..


Tiap saya menjadi pembicara tamu di seminar Pengusaha Tanpa Riba selalu bertemu wajah-wajah sendu..
Mereka yang bertahun-tahun terjebak dalam hutang tak berkesudahan, karena usaha yang rugi, ditipu mitra bisnis, atau bekerja di tempat yang selama ini bikin ngampet di hati..

Siang tadi di Hotel Balairung Matraman Jakarta saya bertemu mereka lagi. Usai memberikan materi mereka mengejar saya di belakang sambil berdiri..
Seorang wanita yang mengeluh hutangnya tiap bulan dicicil dari gajinya bekerja di sebuah kedutaan asing, namun tak kunjung lunas juga..

Jumat, 27 Mei 2016

Hukum Menyewakan Rumah kepada Non Muslim

Menyewakan Rumah kepada Non Muslim

Ustadz, apa hukumnya menyewakan rumah kepada orang non muslim?
Karena ada kemungkinan kan mereka minum khamr di rumah yg kita sewakan dan memasak makanan non halal..

Jawab:
Dalam interaksi bermuamalah, ada 2 pertimbangan yang perlu diperhatikan,
Pertama, pertimbangan masalah halal-haram.
Kedua, pertimbangan terkait maslahat
Kita simak lebih dekat,

Rabu, 27 Januari 2016

BERDOA Bersama MALAIKAT... ??

Kemarin sayaa berkesempatan sepanggung dengan Ustadz Riyadh, salah satu pendiri Santren Ndelik yang unik di Semarang itu. Kami mengisi seminar "Bisnis Berkah Rejeki Melimpah" di aula Masjid Baiturrahman, persis di barat Simpang Lima Semarang.
Pas sesi saya berjalan 10 menit, ini Ustadz baru nongol cengengesan, ternyata baru kemudian dia ngaku sengaja ngilang di awal acara biar saya maju duluan hehe.. Dia mau jadi pendengar dulu, biar bisa nge-gong-i di akhir acara..

Sabtu, 16 Januari 2016

5 Cara Rahasia Mendapatkan Klien Baru

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh akuntan publik adalah bagaimana cara menemukan klien baru. Di era teknologi dan informasi yang maju seperti sekarang ini, harusnya hal tersebut tidak lagi menjadi permasalahan para akuntan publik. Banyaknya tools marketing yang dapat digunakan juga harusnya bisa menjawab permasalahan tersebut. Namun dalam bidang akuntansi, kegiatan marketing adalah suatu kegiatan berbeda dan menantang. Perlu ide yang “out of the box” agar dapat menjaring klien yang mau menggunakan jasa akuntan publik. Berikut adalah 5 metode dan tools rahasia mendapatkan klien baru dengan menggunakan beragam tools marketing.

Sekolah KPMI – KPMI Entrepreneur School (KES)

Bergabunglah menjadi Pengusaha Muslim yang sukses di dunia dan sukses di akhirat
Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) lahir tahun 2010, didorong adanya kesadaran untuk belajar ekonomi Syariah. Karena umumnya organisasi pengusaha yang ada, hanya memfasilitasi pendidikan kewirausahaan dan keterampilan, dengan orientasi dunia.
Untuk itu, diperlukan upaya pembinaan pengusaha muslim menjadi pengusaha yang benar aqidahnya, benar agamanya, benar ikhtiarnya dan benar muamalahnya.

Kamis, 14 Januari 2016

KPR Kredit Pakai Riba?

KPR ..apakah Kredit paka RIBA?


Ada empat cara orang punya rumah sendiri, nih rinciannya:
1. Faktor ketiban pulung/beruntung
Misal: Dibelikan orang tua, dapat warisan dari orang tua, menikah dengan anak tunggal yang bapaknya kaya raya dan menghibahkan seluruh hartanya, hehe.. Atau dapat undian hadiah rumah, kepilih jadi pemain bedah rumah TV, dapat dana hibah dari pemerintah, dapat bantuan dari luar negeri di lokasi bekas bencana, ikut transmigrasi, dan lain-lain, pokoknya gratiss.. tiss!

2. Menabung!
Yes ini cara paling tradisional, buat mereka yang punya tingkat kesabaran tinggi, hidupnya selow gak neko-neko. Sebulan nabung 5 juta, setahun dapat 60 juta, lima tahun dapat 300 juta, dah cukup untuk beli rumah dengan 2-3 kamar.

Selasa, 12 Januari 2016

Ojesy , Layanan Ojek Wanita

Pebisnis Jogja, ada Info Baru Nih....
tentang Ojek Wanita...Sudah tahu beum?
baca saja di bawah ini....

Ojek Syari didirikan oleh Evilita Adriani (19 th) Pada 10 Maret 2015 bersama Reza Zamir (21 th) dengan nama Ojek Syar’i Surabaya, kemudian dengan dibantu oleh Agus Edi S berubah menjadi PT OJEK SYARI INDONESIA pada tanggal 8 Agustus 2015 dengan akta Notaris WIEDHA RESTYA RACHMAYANI,S.H.,M.Kn. Nomor 01


DO'A PARA Pendo'a oleh mas saptuari

Bisnis rame dan sepi itu biasa, omzet naik turun juga biasa, alamiah, wajar, semua mengalami..
Yang punya bisnis kuliner dan mainan sosmed pasti sudah tau cara ngundang massa, difoto makanannya dengan cantik, atur posisi sana-sini, geser kesini toppingnya biar menarik mata, kasih tambahan kuah dan saos biar menggoda selera, lalu jepreeettt!! upload ke instagram, facebook atau twitter. Dikasih hastag yang bikin puyeng pembaca.. Hehe, asal banyak hastagnya berharap ada yang menemukan postingan di warungnya..

Sabtu, 09 Januari 2016

ILMU YAKIN.

Minggu lalu saya dapat rejeki, waktu pulang dari satu tempat saya melihat seorang simbah-simbah berkain jarik membawa tenggok bambu sedang berjalan di pinggir jalan aspal yang ramai, langsung motor saya pepetkan di depan simbah itu..
"Ajeng ten pundi mbah? Monggo sareng leh kulo.." Saya mengajak simbah itu untuk saya boncengkan.
"Inggih mas, matur nuwun.." Tanpa ragu simbah itu naik ke boncengan, siuuutt! PW.. Posisi wuenak!
Motor saya gas pelan, ternyata siang itu saya akan dapat ilmu baru..

Retal Mobll di Yogyakarta

Yogyakarta sebagai Kota Pelajar,,sekarang bisa jadi kota target kunjugan wisata
Bermunculan banyak hotel dan juga rental mobil

cari rental yang per 12 jam aau 2 jam..ada banyak 

Tabligh Akbar Parenting Islami di Masjid Jogokariyan


Pebisnis Jogja..ada info tentang prenting ..
Silakan menghadiri  Tabligh Akbar Parenting Islami
dengan tema 'Positive Parenting'
diambil dari buku Positive Parenting 

Bersama:
Mohammad Fauzil Adhim
(Penulis Bukunya)

Insya Allah ada hari Ahad, 10 Januari 2016
Jam 8 pagi
di Masjid Jogokariyan
Jl Jogokariyan 36 Yogyakarta

Gratis & Ada Doorprize

Kamis, 07 Januari 2016

ILUSI RIBA... dan KITA MENIKMATINYA ?

Berikut Ilusi Riba yang sebagian orangmasih menikmatinya,

"Waah selamat ya bu.. Mobil baru nih, platnya masih putih, interiornya masih wangi bau pabrik.."
"Eh.. Iya.. iya jeng, makasih.. Alhamdulillah dikasih rejeki oleh Allah"
(Dalam hati: duuuh.. Gak tau dia kalo mobil ini kredit, cuman DP 30 juta, sisanya ngangsur 4 tahun)
-------

"Wuuiik! Motor baru brooo.. Dah 150CC ini yak? Makin ganteng lu pakai motor ini.. Beli cash berapa bro?"
"Yooi cuy! Tarikannya mantaab, ngepoott bisa muter 470 derajat celsius! Enteeng dah.."
"Beli di dealer mana? Beli cash berapa bro?"
"Eh elu haus enggak.. Ada yang jual es tebu tuh disana!"
(Dalam hati: waaaduuuh, ketahuan beli kredit gengsi nih gua! dah ganteng-ganteng gini masak naik motor utangan, jadi GGK dong.. Ganteng-Ganteng Kreditan!)
-------

SOLUSI Tanpa CREDIT CARD (kartu Kredit)

Seringkali beberapa temen masih bangga dengan memegang credit card. Bahkan beberapa mengaku menggunakan CC (Credit Card) hanya sebagai alat pembayaran aja. Mengaku tidak pernah ngutang ke CC, selalu bayar lunas. Yakin selalu seperti itu??

saya pegang CC itu 20 tahun dan tdk pernah sekalipun tidak membayar lunas. Bahkan sy sering bayar lebih dulu tanpa menunggu jatuh tempo. Sy jg kadang kelebihan bayar. Namun, krn sdh sepakat membayar riba maka akhirnya kena juga.

Bagaimana Memilih Mitra Bisnis ?

Memilih mitra bisnis seperti orang orang akan menikah. Kalau salah memilih bisa berakibat perceraian. Profil mitra bisnis yang ideal : berani ambil keputusan, jaringan kerja yang memadai, kreatif, profesional, tahan banting, memiliki keahlian unik, all out. Beberapa hal penting kita perhatikan dalam mengelola hubungan kerja dengan mitra bisnis kita seperti : trust, selaras visi misi, inovasi, dll.

Idealnya diantara Mitra bisnis dapat saling melengkapi kekurangan masing2. Sehingga sinergi yang optimal dapat tercipta. Setiap mitra bisnis harus bersikap proaktif dalam menggunakan kemampuan dan kelebihannya demi tercapainya target usaha bersama dan jangan pasif. Ketika terjadi masalah, masing-masing mitra bisnis harus mencari solusi bersama bukan saling menyalahkan diantara mitra bisnis. Dalam bermitra, perlu pembagian tugas yang jelas diantara mitra bisnis agar tidak terjadi overlapping dan juga jalur komandonya harus jelas.

MENGHADAPI DEBT COLLECTOR? bagaimana Tipsnya?


TIPS MENGHADAPI DEBT COLECTOR!
NAAAH INI DIA...

Tulisan dari kawan saya mas Akhlis yang jadi tamu di acara Kongkow Bisnis Geronimo FM selasa lalu. Setelah mengalami getir pahit dalam hutang, bisnisnya ludes, bangkit lagi jadi konsultan masalah kasus-kasus bisnis, dia Sarjana Hukum yang training di MA selama 3 bulan tentang mediator konflik bisnis. Berikut tulisannya:
-----------

Terima kasih bro Saptuari Atas undangannya di kongkow Bisnis kemaren…dan mudah mudahan silahturohim pun semakin erat terjalin, Sementara bagi teman teman pengusaha yang sekarang sedang terbelit hutang dan segera bebas dari jeratan riba, Tenaaang….teman teman tidak sendirian, saya akan share bagaimana teman-teman pengusaha bisa melalui nya…