Minggu, 21 Juni 2015

Skill untuk Bisnis Online

Bisnis online, baik sebagai usaha utama, sampingan atau rumahan, membutuhkan skill (keterampilan) tertentu. Skill umum sesuai jenis usaha, sedangkan skill khusus menyesuaikan apakah usaha utama, sampingan atau rumahan.

Keterbatasan waktu, tenaga dan dana hendaknya tidak menyurutkan upaya meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik karena kemajuan teknologi dapat membantu meminimalkan keterbatasan tersebut. Bisnis online dapat menjadi tiga pilar peningkatkan kesejahteraan keluarga.

Peluang bisnis minimarket, ayo bikin minimarket sendiri

Bisnis ritel semakin menjamur. Ini terlihat dari banyaknya minimarket yang semakin tersebar di banyak tempat. Saking ramainya, tak jarang lokasi minimarket berdekatan. Meski begitu, bagi para pelakunya, bisnis ini tetap menjanjikan. Konsumsi masyarakat yang terus meningkat menjadi salah satu sebab bisnis ini merajalela.

Kurniawan Muhammad, pemilik Zam-Zam Minimarket di Salatiga mengatakan, sebetulnya risiko bisnis ini kecil, karena produk yang dijual bisa dikembalikan ke produsen, bila tak laku atau kadaluarsa.

Ia bilang, meski minimarket miliknya tak terlalu tenar, tapi dalam sehari, Zam-Zam bisa mengantongi omzet Rp 5 juta – Rp 6 juta, atau sekitar Rp 150 juta per bulan. Adapun laba sekitar 15%-20% dari omzet.

Senin, 15 Juni 2015

Memulai Bisnis dari Pekerjaan | M. Suyanto

Selain dari pendidikan yang Anda jalani, Anda dapat memulai bisnis dari pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Pekerjaan merupakan aktivitas reguler yang biasanya dibayar dengan uang. Reuben Mattus memulai bisnis dari pekerjaan semasa kecilnya. Ia tiba di Amerika Serikat dari Polandia pada tahun 1921. Saat itu berumur 8 tahun dan bersama ibunya yang seorang janda. Untuk mencari uang, ibu Mattus menjual es lemon dari buah lemon yang diperas dan Mattus membantunya. Pada tahun 1932, ia mendirikan perusahaan Senator Frozen Products di Bronxdengan uang. dan di akhir tahun 1950-an membangun perusahaan es krim Ciro’s yang dipasarkan melalui toko-toko grosir dan toko-toko minuman. Kemudian ia mempunyai ide untuk memasukkan ke pasar swalayan, tetapi pasar swalayan meminta insentif yang tidak dapat dipenuhi oleh Ciro.s. Mattus tidak mudah putus asa, kemudian ia menciptakan sebuah merek es krim mewah yang terbuat dari buah asli, bahan-bahan alami dan dipasarkan melalui penggunaan nama imajinatif berbau Denmark “Haage-Dazs” sebagai cara sempurna untuk membedakan merek terbarunya dengan para pesaingnya. Tiga rasa Haagen Dazs yang pertama kali muncul adalah rasa vanilli, coklat dan kopi dan dijual di toko-toko makanan New York. Masyarakat menyambut secara positif es tersebut dan hanya dalam beberapa minggu toko-toko lainnya di seluruh Amerika Serikat mengirimkan pesanan atas es krim baru ini. Dari pemasaran mulut ke mulut sudah cukup untuk meningkatkan distribusi produk ini ke pusat-pusat urban dan kota-kota perguruan tinggi di wilayah Timur Laut. Orang-orang seluruh Amerika mengirim surat menanyakan cara mendapatkan Haagen Dazs di dekat tempat tinggalnya. Bahkan ada yang secara suka rela mendistribusikan produk ini. Kemudian anak perempuan Mattus mengusulkan gagasan untuk membuka toko hanya menjual merek Haagen Dazs. Toko yang pertama kali dibuka ada di Brooklyn dan membuka era baru untuk merek ini dan diikuti di kota-kota besar seluruh Amerika. Pada tahun 1982, telah mengekspansi ke Kanada dan juga kerjasama dengan perusahaan makanan terkemuka serta telah melintasi Samudra Atlantik menuju Eropa. Orang-orang Eropa menyambut kedatangan es ini dengan antusias.

Positioning Menurut Manfaat | M. Suyanto


Penentuan posisi (positioning) menurut manfaat adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu.  Manfaat mencakup manfat simbolis, manfaat fungsional dan manfaat berdasarkan pengalaman. Penentuan posisi yang sukses membutuhkan strategi komunikasi yang mampu menarik perhatian pada salah satu kebutuhan pelanggan, baik simbolis, fungsional maupun eksperimental.

Penentuan posisi berdasarkan manfaat simbolis adalah penentuan posisi dengan menggunakan daya tarik bagi keinginan seseorang untuk memiliki obyek yang dimiliki orang sukses. Manfaat simbolis masih berlaku di Indonesia, mobil Mercy, BMW dan  Volvo banyak ditemui di Indonesia, bahkan Jaguar dan Ferrari mulai ditemukan di kota metropolitan. Sebaliknya jika ke Kuala Lumpur, Malaysia  yang kita temukan hanyalah mobil Proton atau Perodua, sangat sedikit kita temuai mobil seperti  Mercy, BMW dan  Volvo. ”Konsumen yang membeli mobil mahal itu untuk menampakkan kesuksesannya dalam berkarir. Dengan membeli mobil mahal,kesuksesan yang mereka peroleh dapat dilihat oleh orang lain” kata salah seorang pelanggan Mercy. Meskipun sesungguhnya hanyalah kesuksesan semu, tetapi di Indonesia manfaat simbol ini masih banyak yang mengejarnya. BMW menggunakan slogan “The Ultimate Driving Machine”.

Strategi Membangun Merk | M Suyanto

Setiap perusahaan hendaknya mengembangkan sendiri kebijakan-kebijakannya mengenai merek bagi mata produk dalam lini yang sama. Merek merupakan kombinasi dari nama, kata, simbol atau desain yang memberi identitas produk. Seperti yang telah dibahas di muka, bahwa yang diiklankan bukan produk tetapi merek. Merek mempunyai peran ekonomi jika merek tersebut diproduksi secara masal sehingga mencapai skala ekonomis dan merek yang sukses dapat menghambat bagi pesaing yang ingin memeperkenalkan merek yang sama. Merek juga mempunyai peran strategis dengan menjadi pembeda antara merek yang ditawarkan perusahaan dengan merek para pesaingnya. Dari perspektif konsumen, merek yang terpercaya merupakan jaminan atas konsistensi kinerja suatu produk dan menyediakan manfaat yang dicari konsumen ketika membeli produk atau merek tertentu. Merek juga merupakan janji kepada konsumen bahwa dengan hanya menyebut namanya, timbul harapan bahwa merek tersebut akan memberikan kualitas terbaik, kenyamanan, status dan pertimbangan lain ketika konsumen melakukan pembelian.

Adam - Libaasul Muslim | Yogyakarta

Wahai Pebisnis Jogja , Apa Kabar?

Bagi Anda yang ingin Beli Baju Muslim
baik untuk dipakai sendiri amaupun dijual lagi (niaga)
ada rujukan  di Jogja nih
yakni Adam Libaasul Muslim

Lokasi tidak jauh dengan Ma'had Jamilurrahman (pondok sawo) Wirokerten Bantul Yogyakarta

Tanya saja rumah Abu Adam

insyaAllah ketemu

Antum, brand busana muslim

Bismillahirrahmanirrahim,
Visi
Mendirikan usaha bisnis yang barokah dan bermanfaat buat umat.
Misi
Menyediakan perlengkapan muslim untuk sarana penunjang ibadah yang sesuai sunnah.
Motto
Bekerja adalah ibadah, berdagang adalah pilihan.

Senin, 23 Maret 2015

Omah Herbal MUMTAAZ

Sekitar Seminggu ini ada Toko Herbal di Glagah Tamanan Banguntapan Bantul
Toko Herbal ini yang berada dipinggir jalan raya  menghadap ke selatan.
Kalau tidak salah toko ini beroperasi (buka) mulai 15 Maret 2015 / 25 Jumadil Awal 1436 H
Toko Herbal ini diberi nama OMAH HERBAL MUMTAAZ

Dari Terminal Giwangan ke selatan  samapak jl Imogiri Timur KM 8 ketemu pertigaan yang ada  Sugito Electronik  belok ke barat (kanan) ..cari saja di utara jalan...

Sabtu, 14 Maret 2015

Kartu nama juga penting lho

Wahai Pembaca Pebisnis Jogja
bagai anda yang akan memulai bisnis atau sudah bisnis
apakah adan sudah punya modal untuk membangun  hubungan dengan orang lain,baik rekan kerja, calon pelanggan dan Pelanggan

Salah satu Modal pemasaran dalam bisnis adalah kartu Nama
Kartu Nama merupakan saran pengingat terhadap usaha atau produk kita

Minggu, 01 Maret 2015

Stokherbal buka Outlet Baru yakni StokHerbal 2

Bismillah. sahabat Pebisnis Jogja

ada kabar dari facebook dan Wa, Stok Herbal mamu membuka Outlet Baru lho...
Seiring dengan kemajuan bisnis Herbal 
maka banyak juragan herbal membuka cabang atau membuka outlet barunya , diantaranya Luqman Herbal dan  Stok Herbal..
Hal ini mengindikasikan bahwa perkembangan Bisnis Herbal semakin maju, semakin dikenal di masyarakat.

Saat ini stokherbal  sudah mempersiapkan  toko (cabang)  barunya, secara resmi  insya Allah  buka tgl.2 maret 2015, walupun sebenarnya sekarang sudah siap.
Lokasinya di jl. Jati mataram/selokan mataram karangjati sleman yogyakarta