Penentuan posisi (positioning) menurut manfaat adalah memposisikan
produk sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu. Manfaat mencakup
manfat simbolis, manfaat fungsional dan manfaat berdasarkan pengalaman.
Penentuan posisi yang sukses membutuhkan strategi komunikasi yang mampu
menarik perhatian pada salah satu kebutuhan pelanggan, baik simbolis,
fungsional maupun eksperimental.
Penentuan posisi berdasarkan manfaat simbolis adalah penentuan posisi
dengan menggunakan daya tarik bagi keinginan seseorang untuk memiliki
obyek yang dimiliki orang sukses. Manfaat simbolis masih berlaku di
Indonesia, mobil Mercy, BMW dan Volvo banyak ditemui di Indonesia,
bahkan Jaguar dan Ferrari mulai ditemukan di kota metropolitan.
Sebaliknya jika ke Kuala Lumpur, Malaysia yang kita temukan hanyalah
mobil
Proton atau Perodua, sangat sedikit kita temuai mobil seperti
Mercy, BMW dan Volvo. ”Konsumen yang membeli mobil mahal itu untuk
menampakkan kesuksesannya dalam berkarir. Dengan membeli mobil
mahal,kesuksesan yang mereka peroleh dapat dilihat oleh orang lain” kata
salah seorang pelanggan Mercy. Meskipun sesungguhnya hanyalah
kesuksesan semu, tetapi di Indonesia manfaat simbol ini masih banyak yang
mengejarnya. BMW menggunakan slogan “The Ultimate Driving Machine”.